Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar IPA Fisika di SMP Muhammadiyah 3 Samarinda

  • Muhammad Saparuddin UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Strategi inkuiri, hasil belajar, aktivitas siswa

Abstract

Strategi inkuiri adalah proses pembelajaran dimana siswa aktif mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga siswa dapat menemukan sendiri pengetahuan yang diperolehnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 3 Samarinda dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-B yang berjumlah 25 siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Hasil belajar siswa diukur menggunakan instrument tes hasil belajar berupa post test sedangkan aktivitas siswa diukur dengan menggunakan lembar observasi dengan satu pengamat. Berdasarkan hasil analisis seluruh siswa mendapatkan nilai diatas KKM yaitu 82,40 dan aktivitas siswa dikelas baik dalam kegiatan individu maupun kelompok, jadi penerapan strategi  pembelajaran inkuiri terbilang baik.

Published
2020-12-31
How to Cite
Saparuddin, M. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar IPA Fisika di SMP Muhammadiyah 3 Samarinda. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 5(2), 97-109. https://doi.org/10.21462/educasia.v5i2.56