Kepemimpinan Guru Kelas V Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SDN 003 Kecamatan Kaubun Kabupaten Kutai Timur

  • Muhammad Saparuddin UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Kepemimpinan, Guru Kelas, Kurikulum 2013

Abstract

Kepemimpinan Guru Kelas V dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SDN 003 Kaubun Kecamatan Kaubun Kabupaten Kutai Timur. Tujuan penelitian ini untuk memberikan penjelasan tentang Kepemimpinan Guru Kelas V dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di SDN 003 Kaubun dengan fokus pada managemen penegelolaan kelas, gaya kepemimpinan pembelajaran, hambatan dan solusi dalam managemen kelas. Penelitian ini menggunakan desain studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif dengan pertimbangan bahwa penelitian ini berusaha menggambarkan dan mempresentasikan data secara sistematis, ringkas dan sederhana. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelas V dan Siswa Kelas V SDN 003 Kaubun Kabupaten Kutai Timur. Hasil penelitian sebagai berikut, perencanaan managemen pengelolaan kelas oleh guru kelas V SDN 003 Kaubun sudah berjalan tetapi perlu pendokumenan yang lebih baik. Pelaksanaan managemen pengelolaan kelas yang selama ini dilaksanakan sudah sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Perencanaan dalam memimpin pembelajaran oleh guru kelas V sudah dipersiapkan melalui pendidikan dan pelatihan, workshop maupun pendampingan guru kelas, sedangkan pelaksanaannya guru kelas V menerapkan gaya kepemimpinan demokratis yang melibatkan semua anggota kelas. Hambatan yang dihadapi dalam managemen pengelolaan kelas  adalah pertama siswa berasal dari lingkungan kurang dapat perhatian. kedua siswa memperlihatkan ketidakmampuan dalam berusaha meraih atau menimba ilmu atau sesuatu yang dikehendakinya. Solusi dari hambatan ini yaitu (1) mengajak siswa dalam meningkatkan kemampuan untuk membuat jaringan sosial, pandai bergaul dan banyak temannya. (2). Saling keterbukaan untuk menerima pikiran yang berbeda dari dirinya. (3). Kemampuan dalam mengelola dan bekerjasama dalam satu tim. (4). Percaya diri, berwawasan luas, ulet,  dan peka terhadap sesuatu yang baru.

References

Al Muchtar, S. (2001). Pendidikan dan Masalah Sosial Budaya. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Ineka Cipta: Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Bernadine R. Wirjana, M.S.W dan Prof. Dr. Susilo Supardo, 2005, Kepemimpinan, Dasar-Dasar dan Pengembangannya.Yogyakarta: CV. Andi offset
Darmadi, Hamid. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial .Bandung : Alfabeta
Dewantara, Ki Hadjar. 2013. Konsep Keteladanan I. Yogyakarta: UST-Press.
Dewantara, Ki Hadjar. 2013. Konsep Keteladanan II. Yogyakarta: UST-Press.
Dirjendikdasmen Kemdikbud. 2016. Panduan Penilaian SD. Jakarta : Kemdikbud.
Fathurrohman, Pupuh. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.
Hamalik. 2011. Profesionalisasi Tenaga Kependidikan. Bandung: Angkasa.
Haryati, Mimin. 2009. Model dan Teknik Penilaian. Jakarta: Gaung Persada Press.
Kartini Kartono. 2006. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo.
Kartono Kartini. 2008. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT. Grafindo
Kartono, Kartini. 2000. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo.
Kartono, Kartini. 2005 Pemimpin Dan Kepemimpinan . Edisi Pertama. Jakarta: Raja Grafindo persada.
Kemdikbud. 2013. Buku Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Kemendikbud 2013.
Kemendikbud. 2014. Petunjuk Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Kemendikbud.
Kunandar. 2015. Penilaian Autentuk. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Majelis Luhur Taman Siswa. 2013. Pemikiran Konsep Keteladanan Sikap Merdeka Ki Hadjar Dewantara. Jogjakarta: Majelis Luhur Taman Siswa
Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014.Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook Edition 3. USA : Sage Publications.
Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya: Bandung
Muhibbin, Syah. 1995. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya
Muhibbin, Syah.2000. Pengertian Metode Demonstrasi. (Bandung: Remaja Rosda Karya
Mulyasa, E. 2003. Manajemen Bernasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Mulyasa, E. 2013. Uji Kompetensi dan Penilaian Guru. Bandung: Rosda Karya
Nawawi, Hadari. 1989. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas. Jakarta: PT Haji Mas Agung
Nawawi, Hadari. 1995. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas. Jakarta: Gunung Agung.
Nawawi, Hadari. 2003. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yogyakarta: Gajah Mada niversity Press
Nawawi, Hadari. 2003. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 67 tahun 2013, Kurikulum 2013.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 67 tahun 2013. 2013. Tentang Karakteristik Kurikulum 2013
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81a Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 74 tahun 2008. 2008. Kompetensi Guru. Kemdikbud
Permendikbud No. 65 Tahun 2013, standar proses kurikulum 2013.
Permendikbud No. 66 Tahun 2013, standar penilaian Kurikulum 2013.
Permendikbud nomor 16 tahun 2007. Kualifikasi Akademik Guru. Jakarta: Kemdikbud.
Permendikbud nomor 54 tahun 2013. Tentang Standar kompetensi lulusan
Permendikbud nomor 81a tahun 2013 tentang kurikulum 2013.
Permendiknas Nomor 24 Tahun 2016 pada Bab I ayat (3)
PP Nomor 32 tahun 2013, dalam rangka pengembangan Kurikulum 2013 Standar Nasional Pendidikan.
Purnami, Sri. (2004). Guru sebagai Pemimpin Transaksional dan Transformasional di dalam Kelas. Purwanto, Ngalim, M. 1991. Ilmu Pendekatan Teoritis dan Praktis. Remaja Rosda Karya: Bandung.
Purwanto, Ngalim. 1991. Administrasi dan Supervisi.Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Purwanto, Ngalim. 1992. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Purwanto, Ngalim. 1994. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, cet VII, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Purwanto,Ngalim. 1994. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. (Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Published
2018-12-01
How to Cite
Saparuddin, M. (2018). Kepemimpinan Guru Kelas V Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SDN 003 Kecamatan Kaubun Kabupaten Kutai Timur. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 3(2), 57-68. Retrieved from https://educasia.or.id/index.php/educasia/article/view/129