Pengaruh pembagian kelas terhadap motivasi belajar berbicara pada mahasiswa PBA IAIN Samarinda

  • Mustamin Mustamin IAIN Samarinda
  • Syarifaturrahmatullah Syarifaturrahmatullah IAIN Samarinda
  • Siti Nur Annis Fitri IAIN Samarinda
Keywords: Pengelompokan Kelas, Motivasi Belajar, Keterampilan Berbicara

Abstract

Motivasi siswa akan lebih meningkat apabila suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan. Peran guru sebagai fasilitator dan motivator harus mampu membangkitkan gairah belajar siswa dan membutuhkan motivasi belajar siswa. Untuk mewujudkan hal tersebut, perlu adanya pengaturan terhadap pengelompokan kelas peserta didik, baik yang berdasarkan fungsi persamaan maupun yang berdasarkan perbedaan. Proses kemampuan berbicara dalam bidang bahasa arab tidaklah mudah, pada dasarnya bahasa merupakan kebiasaan dan merupakan suatu kegiatan yang menarik. Akan tetapi bisa berubah menjadi sebaliknya, disebabkan perasaan malu, tidak termotivasi dan minimnya kosa kata dan pola kalimat pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan membahas tentang bagaimana pengaruh pengelompokan kelas terhadap motivasi belajar kalam pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab IAIN Samarinda Angkatan 2018. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa pendidikan Bahasa arab pada Angkatan 2018 yang berjumlah 70 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Kemudian data yang terkumpul dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik korelasi product moment berbantuan program SPSS Person 22. Berdasarkan analisis data maka diperoleh hasil sebagai berikut: Pertama, pengelompokan kelas pada mahasiswa pendidikan Bahasa arab dengan 70 responden ada 15 responden menjawab pengelompokan kelas pada mahasiswa pendidikan Bahasa arab baik,43 responden menjawab cukup, dan 12 yang menjawab rendah. Kedua, motivasi belajar kalam pada mahasiswa pendidikan Bahasa arab ada 14 responden termasuk dalam kategori memiliki motivasi belajar kalam yang baik, 41 termasuk dalam kategori cukup dan 15 yang temasuk dalam kategori memiliki motivasi yang kurang. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelompokan kelas dan motivasi belajar kalam pada mahasiswa pendidikan Bahasa arab IAIN Samarinda Angkatan 2018. Hal ini terbukti dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ternyata nilai signifikansi dari kedua variabel diperoleh 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua variabel berkorelasi. Kemudian nilai pearson correlation pada pengelompokan kelas memiliki nilai yang positif yaitu 0,829 dan untuk motivasi belajar kalam memiliki nilai yang positif yaitu 0,829. Maka berdasarkan pedoman derajat hubungan 0,80-1.000 termasuk dalam kategori yang sangat kuat, sehingga correlation sebesar 0,829 termasuk dalam kategori sangat kuat. Setelah dilakukan perhitungan dan analisis data, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelompokan kelas terhadap motivasi belajar kalam pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab IAIN Samarinda Angkatsan 2018.

References

Albab, Ulil. “MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SEBAGAI BAHASA ASING.” Tamaddun: Jurnal Kebudayaan Dan Sastra Islam 19, no. 1 (June 28, 2019): 32–48. https://doi.org/10.19109/tamaddun.v19i1.3398.
Aulia, Resti, and Uep Tatang Sontani. “PENGELOLAAN KELAS SEBAGAI DETERMINAN TERHADAP HASIL BELAJAR.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 3, no. 2 (2018): 149–57. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11759.
Islam, Asep Muhammad Saepul. “FAKTOR DEMOTIVASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM PERSPEKTIF SISWA MADRASAH.” Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 2, no. 1 (July 1, 2015): 1–16. https://doi.org/10.15408/a.v2i1.1511.
Mahmudah, Mahmudah. “Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran.” Jurnal Kependidikan 6, no. 1 (May 25, 2018): 53–70. https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1696.
Martan, Martan, Khairy Abusyairi, and Syarifaturrahmatullah Syarifaturrahmatullah. “معاني حروف الجر (دراسة تحليلية عن حرف ‘من’ فى سورة الكهف).” Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 6, no. 3 (2019): 227–35. https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.3799.
M.Si, Dr E. Caroline, SE. METODE KUANTITATIF. Media Sahabat Cendekia, 2019.
Pimada, Luluk Humairo, Imam Muttaqin, and Wildana Wargadinata. “Ta’līm al-lughah al-‘Arabiyyah min Khilâl Qudroh al-Qirâah al-Qurân wa Kitâbatih Ladayy at-Tholabah bi Madrasah al-Mutawassithah fī Kalimantan as-Syarqiyy.” Taqdir: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 5, no. 2 (December 30, 2019): 1–17.
Rahman, Nur Fuadi. “Motivasi Belajar Bahasa Arab (Studi Kasus Mahasiswa PBA IAIN Palangkaraya 2017/2018).” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 10, no. 1 (June 7, 2018): 22–35. https://doi.org/10.24042/albayan.v10i01.2593.
Syamaun, Nurmasyithah. “Pembelajaran Maharah al-Kalam untuk Meningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.” لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya 4, no. 2 (December 6, 2016): 343–59. https://doi.org/10.22373/l.v4i2.852.
Wekke, Ismail. “Arabic Teaching and Learning: A Model from Indonesian Muslim Minority.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 191 (June 2, 2015). https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.236.
Wijaya, Ida Suryani, and Luluk Humairo Pimada. “Ta’lim al-Imla’ Bi Al-Wasit al-Muta’addidah Li Tarqiyyah Maharah al-Kitabah Fi al-Lughah al-‘Arabiyyah.” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 11, no. 2 (December 9, 2019): 320–39. https://doi.org/10.24042/albayan.v11i2.5266.
Zurqoni, Zurqoni, Heri Retnawati, Syarifatur Rahmatullah, Hasan Djidu, and Ezi Apino. “Has Arabic Language Learning Been Successfully Implemented?” International Journal of Instruction 13 (October 1, 2020): 715–30. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13444a.



خير النساء. " تأثير إستر اتيجية الجوالة في ترقية دوافع التلم وقدرة الطلاب في اللغة العربية بمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية الأولى بمالانج". جامعة مولانا مالك إبرهيم الإسلامية الحكومية مالانج 2015.
د فؤاد حسن ابو الهيجاء " أساليب وطرق تدريس اللغة العربية وإعداد دروسها اليومية "( دار المناهج للنشر والتوزيع )
عمر الصديق عبد الله. " تعليم اللغة العربية للناطقين بغيرهاص"
مهاجرين رمزي. " تطوير الأفلام لتعليم مهارة الكلام باستحدام برمجية فيغاس سفن ( بحث تطويري وتجريبى فى الم عهد نور الحرمين للبنين نرمدى لومبوك الغربية) " جامعة مولانا مالك إنرهيم الإسلامية الحكومية بمالانج 2013.
مهمد كندي درماوان. " تأثير دافع التعلم عند نظرية Abraham Maslaw لتعليم اللغة العربية نحو مهارة الكلام اطلاب الفصل الحادي عشرة بمدرسة السلفية العالية كتجان سيدوارجو " جامعة سونن أمبيل الإسلامية الحكومية 2019.
Abd. Wahab Rosyidi & Mamlu’atul Ni’mah. 2011. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: UIN-Maliki Press).
Abdul Wahib & Muataqim. 2010. Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta).
Alngadawiyah Shofrin Fajri, Robiah. 2014-2015. Problematika Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun Akademik.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Penelitian, (Jakarta: Rineka Cipta ).
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta: Rineka Cipta ).
Azwar, Syaifuddin. 2004. Metode Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar ).
Bafadal, Ibrahim. 2004. Dasar-Dasar Manajemen dan Supervisi Taman Kanak-Kanak, ( Jakarta: PT Bumi Aksara).
Bahri Djamarah, Syaiful. 2011. Psikologi Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta ).
B Uno, Hamzah. 2014 Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Banding Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara ).
Dr. Hartono M.P. 2019. Metodologi Penelitian, (Pekanbaru: Zafana Publishing).
Dwi Widayanti, Febi. Pengaruh Pengelompokan Siswa Berdasarkan Gaya Belajar dan Multiple Intelegences Pada Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Lumajang, Tesis, Pascasarjana Universitas Negeri Malang, 2010.
Ghulaman Zakia, Muhammad. 2017. Sistem Pengelompokan Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, Vol. 1 No. 3.
Ginting, 2008. Esensi Praktis Belajar Dan Pembelajaran, (Bandung: PT. Buku Pendidikan).
Hadi, Sutrisno. Metode Research (Yogyakarta: Andi Offset, 2000)
Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara ).
Hendra Wibowo, Doddy. 2015. Penerapan Pengelompokan Siswa Berdasarkan Prestasi Di Jenjang Sekolah Dasar, Vol.14 No.2.
Hermawan, Acep. 2009. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset).
Imron, Ali. 2012. Manejemen Peserta Didik Berbasis Sekolah, (Jakarta: PT. Bumi Aksara).
Kasan, Tholib. 2003. Teori dan Aplikasi Administrasi Pendidikan, (Jakarta: Studi Press).
Khadijah, Nyanyu. 2009. Psikologi Pendidikan, ( Palembang: Grafika Telindo Press ).

Mantja, W. 2007. Profesionalisasi Tenaga Kependidikan, Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran, (Malang: Elang Emas).
Ma’rifatul Azizah, Laila. 2016. Keterampilan Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MI Ma’arif NU I Dawuhanwetan, Kedungbanteng, Banyumas.
Nasihin, Sukarti dan Sururi. 2008. Manajemen Pendidikan, (Bandung: Alfabeta,).
Nurhairiah, Ida. 2019 Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV di MIS Darul Istiqamah, Skripsi UIN Alauddin Makasar.
Ngalim Purwanto, Muhammad. 2007. Psikologi Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya). 73.
Pramana, Aditia. 2013. Strategi Pengelolaan Kelas dalam MeningkatkanMotivasi Belajar Bahasa Arab Siswa MI Miftahul Huda Bengkal Temanggung, Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.
Presetiawati, Dwi. 2015. Hubungan Pengelolaan Kelas dengan Motivasi Belajar Kewirausahaan di SMK Dua Mei Ciputat, Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah.
Reza Putri, Fia. 2020. Pengaruh Metode Mimicry Memorization Berbantuan Media Flip Chart Terhadap Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas I di MIN 2 Pringsewu, Skripsi UIN Raden Intan Lampung.
Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Standar Berorientasi Standar Proses, (Jakarta: Kencana Predana Media Group).
Saiful, Mustofa. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif, (Malang: UIN Maliki Press).
Setiani, Ani. 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran : Cerdas, Kreatif, dan Inovatif, (Bandung: Alfabeta).
Soemarsono, 2007. Strategi Belajar Mengajar ( Surakarta: Uns Pers ).
Sugyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta).
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, R&D. (Bandung: Alfabeta ).
Sulistyaningsih. 2017. Implementasi Model Pengelompokan Peserta Didik Dalam Kelas Paralel di SD Muhammadiyah 8 Jagalan Kelas V Tahun Ajaran 2016/2017. Fakultas Trbiyah dan Ilmu Keguruan , Universitas Muhammadiyah Suakarta.
Syah, Muhibin. 2012. Psikologi Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta ).
Syaodih Sukmadinata, Nana. 2013. Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya ).
Syarkawi. 2011. Pola Pengelompokan Siswa Baru Study Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Sumberanyar Rowokangkung Lumajang, Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel.
Wahab, Rohmalina 2014. Psikologi Belajar, (Palembang: Rajawali Press ).
Widia Arlisa, Yunita. 2017. Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMAN 8 Yogyakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Zulhannan. 2015. Teknik Pembelajaran Interaktif, ( Jakarta ).
Zuriah, Nurul. 2007. Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan (cet. II: Jakarta: bumi aksara).
Published
2020-12-31
How to Cite
Mustamin, M., Syarifaturrahmatullah, S., & Fitri, S. N. A. (2020). Pengaruh pembagian kelas terhadap motivasi belajar berbicara pada mahasiswa PBA IAIN Samarinda. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 5(3), 145-160. https://doi.org/10.21462/educasia.v5i2.110