Usaha guru dalam meningkatkan belajar Bahasa arab di pondok pesantren Mujahidin Samarinda

  • Mustamin Mustamin IAIN Samarinda
  • Syarifaturrahmatullah Syarifaturrahmatullah IAIN Samarinda
  • Masitah Masitah IAIN Samarinda
Keywords: Upaya Guru, Minat Belajar

Abstract

Bahasa Arab termasuk pada mata pelajaran yang terdapat dalam kurikulum pendidikan. Walaupun mata pelajaran bahasa Arab terdapat di dalam kurikulum pendidikan tetapi masih banyak siswa yang kurang berminat pada mata pelajaran bahasa Arab. Oleh karena itu, perlu adanya upaya serius untuk mengidentifikasi berbagai faktor yang menjadi penyebab rendahnya minat siswa dalam belajar bahasa Arab. Maka dari itu, peneliti pada skripsi ini akan membahas tentang Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab kelas VIII MTs. Al-Mujahidin Samarinda. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs. Al-Mujahidin Samarinda.  2) untuk mengetahui bagaimana gambaran minat belajar bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs. Al-Mujahidin Samarinda. 3) untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs. Al-Mujahidin Samarinda. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dalam penelitian ini dengan metode deskriptif yaitu studi lapangan. Dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: Observasi, wawancara, dan dokumen tertulis.Dan hasil dari penelitian yang telah di dapat oleh peneliti adalah beberapa upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII MTs. Al-Mujahidin Samarinda yakni : 1) menyajikan materi-materi pembelajaran bahasa Arab yang relevan dengan kehidupan peserta didik. 2) memberikan tanggung jawab kepada peserta didik yang memiliki minat belajar bahasa Arab yang tinggi untuk melakukan pendampingan-pendampingan kepada peserta didik yang memiliki minat belajar bahasa Arab yang rendah. 3) membangun komunikasi yang santai dengan peserta didik baik di dalam kelas ataupun di luar kelas. 4) mengelola kegiatan pembelajaran bahasa Arab dengan metode pembelajaran yang menyenangkan. 5) meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa dengan memberikan teladan menggunakan bahasa Arab melalui berbagai ungkapan populer. 6) persiapan mengajar seperti adanya RPP, media dan sumber materi pembelajaran yang relevan dengan materi yang disampaikan.

References

ربحي مصطفى عليان. 2001. البحث العلمي أسسه, مناهجه وأساليبه, إجراءا. عمان: بيت الأفكار الدولية.
عبد الرحمن الهاشمي. 2010. التعبير فلسفته- واقعه- تدريسه- أساليب تصحيحه. عمان: دار المناهج للنشر والتوزيع.
علي أحمد مدكور وآخرين. 2010. المرجع في مناهج تعليم اللغة العربية للناطفين بلغات أخرى. القاهرة: دار الفكر العربي.
محمّد عبيدات وآخرين.1999. منهجية البحث القواعد والمراحل والتطبيقات. عمان: دار وائل للنشر, ط. 2.
يوسف مارون. 2011. طرائق التعليم بين النظرية والممارسة. لبنان: المؤسسة الحديثة للكتاب.
المراجع غير العربية
Abdillah, Fuad. Rekognisi Pembelajaran Lampau pada Pendidikan Guru Kejuruan. Jember: Cerdas Ulet Kreatif, 2020.
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta, 1990.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 1998.
Bungin, M. Burhan. Penetilian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana, 2008.
Djaramah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Fitriah, Muh dan Luthfiyah. Metodologi Penelitian Kualitatifm Tindakan Kelas dan Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak, 2017.
Hadi, Sutrisno. Metode Research. Yogyakarta: Andi Offset, 1989.
Kartono, Kartini. Teori Kepribadian. Bandung: Alumni. 1979.
Khairani, Makmun. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. 2013.
Khalilullah, M. Strategi pembelajaran Bahasa Arab Aktif (Kemahiran Istima’ dan Takallum), dalam Jurnal Sosial Budaya edisi no. 2 Vol. 8, 2011.
Mahmud, Dimyati. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Departemen R dan K, 1989.
Mardalis. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bina Aksara, 1996.
Octavia, Shilphy A. Etika Profesi Guru. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2020.
Pande, Imansyah Ali. Diktatik Metodik Pendidikan Umum. Surabaya: Usaha Nasional, 1984.
Prastowo, Andi. Menguasai Teknik-Teknik Koleksi Data Kualitatif (Bimbingan dan Pelatihan Lengkap Serba Guna). Yogyakarta: Diva Press. 2010
Purwanto, Heri. Pengantar Perilaku Manusia. Jakarta: EGC, 1998.
Sadirman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru, 1998.
Safitri, Dewi. Menjadi Guru Profesional. Riau: PT Indragiri Dot Com, 2019
Setiyadi, Bambang. Metode Penelitian untuk Pengajaran Bahasa Asing: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.
Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 1995.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.
Suharsaputra, Uhar. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama, 2014.
Sukirin. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: FIP IKIP, 1980.
Suprihatiningrum, Jamil. Guru Prefesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz media, 2014.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pembelajaran dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2001
Thoha, Chabib dan Abdul Mu’ti. Proses Belajar Mengajar PAI di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998.
Uno, Winda Anggriyani. Pengembangan Teknologi Pendidikan IPA Berbasis Multimedia dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Gorontalo: CV Cahaya Arsh Publisher & Printing, 2021.
Witherington. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Aksara Baru, 1999.
Yustisia, N. Hypnoteaching: Seni Mengeksplorasi Otak Peserta Didik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Published
2019-12-31
How to Cite
Mustamin, M., Syarifaturrahmatullah, S., & Masitah, M. (2019). Usaha guru dalam meningkatkan belajar Bahasa arab di pondok pesantren Mujahidin Samarinda. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 4(3), 169-181. https://doi.org/10.21462/educasia.v4i2.105