Implementasi Kartu Kejujuran Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Puasa Ramadhan Peserta Didik Di Sd Negeri 2 Langon
Abstract
Kartu kejujuran adalah media yang efektif dan dapat membantu orang tua dan guru untuk menanamkan nilai kedisiplinan puasa ramadhan peserta didik di SDN 2 Langon. Dan untuk memudahkan orang tua untuk mengontrol ibadah puasa anak ketika dilingkungan rumah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kartu kejujuran dalam meningkatkan kedisiplinan puasa Ramadhan di SDN 2 Langon serta mengidentifikasi dampak dari penggunaan kartu tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek utama penelitian ini yaitu peserta didik di SDN 2 langon yang menggunakan kartu kejujuran selama bulan Ramadhan. Selain itu guru Pendidikan agama islam serta wali murid yang yang berperan memantau aktifitas peserta didik di lingkungan keluarga. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi langsung, wawancara dengan beberapa siswa, guru Pendidikan agama islam dan wali murid. Serta dokumentasi terkait pengunaan kartu kejujuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kartu kejujuran di SDN 2 Langon membantu meningkatkan kedisiplinan puasa Ramadhan peserta didik dengan memberikan bukti konkret pelaksanaan puasa, memperkuat pembelajaran karakter melalui keterlibatan orang tua dan guru, serta menumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab pribadi siswa terhadap ibadah puasa.
References
Aufa, M. R., Kironoratri, L., & Fardani, M. A. (2023). Peranan Pembiasaan Ibadah Dalam Pengembangan Karakter Religius Siswa Di Sd Muhammadiyah 1 Kudus. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 1339–1348. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1633
Azzarima, M., Rizky Pratama, H., & Settiya, M. W. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Kejujuran Pada Peserta Didik Di Lingkungan Sekolah Dasar. C.E.S, 1(1), 411–418. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19757/6753
Comaidi, & Salamah. (2018). Pendidikan dan Pengajaran: Strategi Pembelajaran Sekolah. Grasindo. https://books.google.co.id/books?id=YbB1DwAAQBAJ
Dewi, G., & Wati, S. (2024). Pengaruh Pelaksanaan Shalat Dhuha Berbantuan Sistem Kartu Terhadap Kejujuran Dan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VIII Di MTSN 10 Agam. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(2), 35–46. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jmia.v1i2.1157
Febrianti, R. D. (2023). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Melalui Kartu Aksi untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di MA Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo [Insitut Agama Islam Negri Ponorogo]. https://etheses.iainponorogo.ac.id/24302/
Hasanah, T. R. (2021). Penggunaan Kartu Kejujuran Dalam Menilai Kedisiplinan Shalat Santri Di Tpq Qurrotu a’Yun Desa Gunungjaya Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang [Insitut Agama Islam Negeri Purwokerto]. In Iain Purwokerto. https://repository.uinsaizu.ac.id/11425/7/Tika_Penggunaan Kartu Kejujuran Dalam Menilai Kedisiplinan Shalat Santri di TPQ Qurrotu A%27yun.pdf
Irsalulloh, D. B., & Maunah, B. (2023). Peran Lembaga Pendidikan Dalam Sistem Pendidikan Indonesia. PENDIKDAS: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 04(02), 17–26. https://doi.org/https://doi.org/10.56842/pendikdas.v4i2.164
Isnaini, H., & Fanreza, R. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter Di Sekolah. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(4), 280–296. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/semantik.v2i4.1130
Maryanto, R. I. P., & Wulanata, I. A. (2018). Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Pengenalan Bentuk Huruf Siswa Kelas I Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Abc Manado. Pedagogia, 16(3), 305. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i3.12073
Meliana, M. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Di Lingkungan Sd Kanisius Wonogiri. BAHUSACCA : Pendidikan Dasar Dan Manajemen Pendidikan, 3(2), 60–67. https://doi.org/10.53565/bahusacca.v3i2.1100
Mufatikhah, N., Rondli, W. S., & Santoso. (2023). Strategi Guru Dalam Motivasi Belajar PPKn Siswa SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 465–471. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4667
Mursid, M., & Pratyaningrum, A. S. (2023). Pembentukan Karakter Disiplin Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha di Madrasah Ibtidaiyyah. IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(4), 01–12. https://doi.org/https://doi.org/10.59841/ihsanika.v1i4.526
Mutafarrida, L., & Kholisa, S. (2023). Hubungan Orang Tua, Lingkungan Dan Guru Dalam Pendidikan Anak. Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal, 2(1), 38–47. https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v2i1.7655
Nurfajriani, W. V., Ilhami, M. W., Mahendra, A., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Trigulasi Data Dalam Analisi Data Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 826–833. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.13929272
Okta, S., As, A., & Faisal, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Flashcard Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Kelas Dua di Kabupaten Majene. PINISI JOURNAL OF EDUCATION, 4(1), 100–109. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/35018
Permatasari, N. A., Setiawan, D., & Kironoratri, L. (2021). Model Penanaman Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3758–3768. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1303
Permendikbud RI No 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal, Permendikbud Nomor 20 tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal 2 (2018). https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud_Tahun2018_Nomor20.pdf
Rahmansyah, N., Kurniati, I., Aisha, A. A. N., Mardiani, E., Putri, F. E., & Sugiyono. (2025). Analisa pengaruh puasa terhadap performa dan minat belajar siswa sdn gandaria utara 03 selama bulan ramadhan. KOMPLEKSITAS Jurnal Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 14(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol14no1.637
Safitri, N., & Karisman. (2021). Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru. Penerapan Taksonomi Bloom Revisi Pada Pengembangan Soal Kimia Ranah Pengetahuan, 6(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1304
Siregar, M. P., & Kamil. (2024). Implementasi Karakter Religius Sikap Kejujuran Siswa di SD IT Al-Khair Desa Tanjung Gusta. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(2), 1815–1825. https://j-innovative.org/index.php/Innovative%0AImplementasi
Siregar, V. V., Aflah, N., Fadilah, R., Naemah, Z., Wijaya Panjaitan, D. H., Pratama, H. I., & Arif Nashuha, A. H. (2022). Implementasi Kegiatan Shalat Dhuha dan Tahsin Al-Qur’an dalam Membentuk Karater Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 39–45. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.39501
Suroto. (2022). PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 251–260. https://doi.org/https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v2i1.1141
Syamsijulianto, T., Rahman, R., Sari, M. Z., Ratumanan, S. D., & Solehun, S. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Tradisi Masyarakat Melayu Perbatasan Pada Siswa Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 39–51. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4848
Tohadi, H. (2023). Metode Pengenalan Puasa Ramadhan Untuk Menguatkan Pemahaman Islami Pada Siswa Sekolah Dasar. GHAITSA : Islamic Education Journal, 4(3), 107–113. https://doi.org/https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v4i3.949
Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “ Kegiatanku .” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9–16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index%0APenerapan
Wiyono, T., Khalidy, S., & Albab, U. (2024). Memaknai Puasa Ramadhan Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Bantarsoka Purwokerto. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 34–45. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/abdira.v4i4.513

