Peluang dan Tantangan Integrasi Artificial Intelligence Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis peluang serta tantangan integrasi Artificial Intelligence (AI) dalam evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menggunakan metode studi pustaka (library research). Data dikumpulkan melalui penelusuran dan analisis literatur primer dan sekunder yang relevan, baik berupa jurnal, buku, maupun hasil penelitian sebelumnya yang membahas implementasi AI pada bidang pendidikan, khususnya PAI. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi AI berpotensi meningkatkan efisiensi, objektivitas, dan personalisasi dalam proses evaluasi pembelajaran PAI, seperti melalui otomasi penilaian, analisis data pembelajaran, serta pemberian umpan balik adaptif kepada peserta didik. Namun, tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan literasi digital guru, infrastruktur teknologi yang belum merata, serta isu etika dan privasi data. Studi ini merekomendasikan perlunya penguatan kompetensi digital pendidik, pengembangan kebijakan etis, serta kolaborasi lintas disiplin untuk optimalisasi pemanfaatan AI dalam evaluasi pembelajaran PAI. Dengan demikian, integrasi AI dapat menjadi solusi inovatif yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan pendidikan agama Islam di era digital.
References
Amaly, A. M., Ruswandi, U., Muhammad, G., & Erihadiana, M. (2022). PAI (Islamic Religious Education) Teacher in Facing The Millenial Era Challenges. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.24042/atjpi.v13i1.9438
Ali, A., Apriyanto, Haryanti, T., & Hidayah. (2024). Metode pembelajaran inovatif: Mengembangkan teknik mengajar di abad 21. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Bahri, M. S. (2023). Problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di masa Merdeka Belajar. JIIP -Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2 871–2880.
Fricticarani, A., Hayati, A., Ramdani, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi pendidikan untuk sukses di era teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56-68.
Hasanah, U., & Sofa, A. R. (2025). Peran Imam Al-Asy’ari dan Al-Maturidi Dalam Pengembangan Pemikiran Aswaja di Pendidikan Islam. Ikhlas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(2), 123–135.
Sofa, A. R., Anam, K., Ramadhani, K., Hasan, M., Amin, M. H. S., & Helmi, M. (2025). Pengembangan Penilaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Turnitin, Scribo AI, dan ChatGPT di Pesantren Raudlatul Hasaniyah: Implementasi dan Strategi pada Siswa Madrasah Aliyah. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 775–781.
Widayanti, U. (2025). Optimalisasi Pembelajaran Maharatul Qiroah di Madrasah Aliyah Uswatun Hasanah Probolinggo: Tantangan dan Solusi dalam Meningkatkan Kualitas Kefasihan Bahasa Arab. Faidatuna, 6(1), 48–68.
Sofa, A. R., Mundir, M., Ubaidillah, U., & others. (2024). Integrasi Pendidikan Agama Islam: Kecerdasan Spiritual dan Emosional melalui Kitab Mahfudzot untuk Menumbuhkan Akhlak. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 13(02).
Sofa, A. R., Mundir, H., & Ubaidillah, H. (2024). Learning Islamic Religious Education Based on Spiritual and Emotional Intelligence to Build the Morals of Zainul Hasan Genggong Islamic University Students. International Journal of Educational Narratives, 2(1), 42–47.
Resnawita, R., & Karmanita, D. (2024). Sistematik Literatur Review: Intelegent System Didunia Pendidikan. Journal of Information System and Education Development, 2(4), 51–55. https://doi.org/10.62386/jised.v2i4.113
Paidil, P., & Sari, S. (2025). Peran Teknologi Terbaru Membentuk Kehidupan Di Era Digital. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(1), 8–15. https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol4.Iss1.1326
Pramana, P., Priastuty, C. W., Utari, P., Aziz, R. A., & Purwati, E. (2022). Beradaptasi dengan Perubahan Teknologi: Kecerdasan Buatan dan Evolusi Komunikasi Interpersonal. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 7(2), 214–225. https://doi.org/10.38043/jids.v7i2.4909
Widodo, Y. B., Sibuea, S., & Narji, M. (2024). Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan: Meningkatkan Pembelajaran Personalisasi. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer, 10(2), 602–615. https://doi.org/10.37012/jtik.v10i2.2324
Aldyandra, A., & Sirozi, M. (2024). Adaptasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam terhadap Kebutuhan Generasi Milenial. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(3), 443–450. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i3.567
Hoeruman, Moh. R., Mudore, S. B., & Sari, A. N. (2025). Pendidikan Agama Islam di Era Pembelajaran Abad 21. Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 35–46. https://doi.org/10.35905/dialektika.v3i2.12707
Rahmasari, R., Rahmasari, R., Gimri, F. D., Dewianti, A. F., & Wismanto, W. (2024). Penanaman Nilai-Nilai Islam dalam Upaya Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Tarbiyah : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(3), 29–42. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i3.1148
Hakim, A. (2024). Model Perencanaan Pembelajaran Pai yang Berorientasi Pada Pengembangan Spiritualitas dan Akhlak Siswa. Khatulistiwa, 5(2), 1–15. https://doi.org/10.69901/kh.v5i2.280
Dewanti, Y., & Akriani, W. (2023). Pembentukkan Akhlak Peserta Didik melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 4(1), 92–98. https://doi.org/10.69775/jpia.v4i1.162
Muthmainnah, S. & Bahaking Rama. (2024). Prospek PengembanganPAI (Studi tentang Masa Depan dan Tantangannya). REFERENSI ISLAMIKA: Jurnal Studi Islam, 2(2), 10–27. https://doi.org/10.61220/ri.v2i2.002
Zahara, S. L., Azkia, Z. U., & Chusni, M. M. (2023). Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 3(1), 15–20. https://doi.org/10.23971/jpsp.v3i1.4022
Rifky, S. (2024). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence Bagi Pendidikan Tinggi. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 2(1), 37–42. https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i1.287
Wahyudi, T. (2023). Studi Kasus Pengembangan dan PenggunaanArtificial Intelligence (AI) Sebagai Penunjang Kegiatan Masyarakat Indonesia. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 9(1), 28–32. https://doi.org/10.31294/ijse.v9i1.15631
Wardani, N. K., Sari, D. P., & Rahmawati, L. (2022). Evaluasi Pembelajaran Berbasis Formatif dan Berkelanjutan dalam Meningkatkan Kualitas Proses Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi, 13(2), 101-115
Hasdiana, H. (2023). Sistem Evaluasi Pendidikan yang Mengakomodasi Kecerdasan Majemuk dan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Islam, 7(1), 45-56.
Jaya, A. P., Ramadhan, I., & Putra, R. (2023). Integrasi Teknologi Digital dan Analitik Data dalam Evaluasi Pendidikan Modern. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(3), 210-225.
Mauluddin, M., & Fauzi, A. (2024). Artificial Intelligence dalam Pendidikan Agama Islam: Peluang dan Tantangan di Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam Digital, 8(1), 45-60
Putri, D. A., & Sari, N. (2024). Isu Etika dan Privasi Data dalam Implementasi Artificial Intelligence pada Pendidikan Agama Islam. Jurnal Etika dan Teknologi Pendidikan, 5(3), 77-89

