Perencanaan Manajemen Kewirausahaan Pesantren: Studi Kasus pada SMA Madina Citra Insani Boarding School Kota Samarinda

  • Amiratul Fadilah Intitsal UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Khojir Khojir UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Perencanaan, Manajemen Kewirausahaan, Pesantren, Boarding School

Abstract

Manajemen kewirausahaan pesantren didefinisikan sebagai kegiatan yang mengatur dan mengelola wirausaha di antara anggota masyarakat pesantren dengan tujuan meningkatkan produktivitas dan kreativitas para santri. SMA Madina Citra Insani Boarding School Kota Samarinda memiliki ciri khas dalam pengelolaan kewirausahaan yang melibatkan partisipasi aktif komunitas sekolah. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah kepala sekolah, Waka Kesiswaan, pengelola unit usaha, dan pengurus osis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi tahap pengumpulan data/penyediaan data, kondensasi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggukan teknik triangulasi. Hasil penelitian didapatkan Planning  program kewirausahaan setiap usaha dirancang dengan cermat untuk memastikan keselarasan dengan kebutuhan santri seperti menyediakan produk yang halal dan sehat, serta kelengkapan santri dan kebutuhan guru seperti usaha tanam saham. Perencanaan ini di lakukannya rapat bersama kepala sekolah dan karyawan sekolah untuk pembentukan unit usaha dengan adanya peluang yang akan di buka di sekolah, selanjutnya di pilih penanggung jawab setiap unit usaha yang di bentuk di sekolah.

References

Adawiyah, S. R. (2018). Pendidikan Kewirausahaan di Pesantren Sirojul Huda. Jurnal Comm-Edu, 1(2).
Ali, N. (2020). MODEL PENDIDIKAN PESANTREN BERBASIS WIRAUSAHA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEMANDIRIAN SANTRI. JURNAL PENDIDIKAN GLASSER, 4(2), 72. https://doi.org/10.32529/glasser.v4i2.735
Alim, N. (2022). Manajemen Kewirausahaan di Pondok Pesantren Al-Wathoniyah. Shautut Tarbiyah, 28(2).
Almuin, N., Solihatun, S., & Haryono, S. (2017). Motivasi Pengembangan dan Pematangan Karir Kewirausahaan di Pondok Pesantren (Kajian di Pondok Pesantren Al-Rabbani Cikeas). Sosio e-kons, 9(1), 36. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v9i1.1686
Bukhari, & Alim. (2015). Kewirausahaan Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Bagi Mahasiswa dan Masyarakat Indonesia. Bandung : Al-Fabet, 05(02).
Chotamul Fajri; Susanto Susanto; Suworo Suworo; Sairin Sairin; Tarwijo Tarwijo. (2021). Pelatihan Perencanaan Kewirausahaan Hidroponik dan Penguatan Kelembagaan Santripreneur di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Pengasinan Depok. Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 2, No 1 (2021): Edisi Januari, 154–160.
Dewi, A. V., & Mulyatiningsih, E. (2013). Pengaruh pengalaman pendidikan kewirausahaan pendidikan kewirausahan dan keterampilan kejuruan terhadap motivasi berwirausaha siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2). https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1599
Eq, N. A., Suhartini, A., & Sutarjo, J. (2020). Pemberdayaan Santri Melalui Pendidikan Entrepreneurship. Ri’ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan, 5(01), 52. https://doi.org/10.32332/riayah.v5i01.2300
Ghofur, & Abdul, R. (2016). Pola Pemberdayaan UMKM Dalam Meningkatkan Ekonomi Pesantren. IAIN Raden Intan Lampung.
Hafidh, Z., & Badrudin, B. (2019). Pesantren dan Kemandirian Perekonomian: Studi tentang Kewirausahaan di Pondok Pesantren Ar-Risalah Cijantung IV Ciamis. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 257–267. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.32-03
Hidayah, N. (2022). Implementasi Kewirausahaan di Pondok Pesantren Modern Nurussalam Sidogede Belitang. Idaaratul’ulum (Jurnal Prodi MPI), 4(2), 147–161.
Imron, A. (2007). Pembinaan Guru di Indonesia. Bandung, Remaja Rosdakarya.
Indriyani, L., & Margunani, M. (2019). Pengaruh Kepribadian, Pendidikan Kewirausahaan, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 848–862. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28315
Kasmir. (2014). Kewirausahaan. Raja Grafindo Persada.
Kemal, I., & Hasibuan, R. A. (2017). Manajemen kewirausahaan melalui strategi berbasis sekolah di Islamic Solidarity School. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(1), 71. https://doi.org/10.21831/amp.v5i1.11550
Ketua Osis, B. (2024, Agustus 14). Planning Program Kewirausahaan Osis di SMA Madina Citra Insani Boarding School Samarinda [Komunikasi pribadi].
Khambali, Mumu, Erihadiana, M., & Syah, M. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Pondok Pesantren Berbasis Kewirausahaan di Pondok Modern Cordoba. Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 341–352.
Khoiri, A., & Fuadi, S. I. (2020). Pemberdayaan Pondok Pesantren Darul Islah Sebagai Pusat Pengembangan Keterampilan dan Kewirausahaan Agribisnis di Kabupaten Wonosobo. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(3), 309–319. https://doi.org/10.32699/ppkm.v7i3.2055
Komariah, N. (2017). Kepemimpinan Entrepreneurship Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kemandirian. Jurnal Al-Afkar, 5(1), 1–26.
Kompri, K. (2018). Manajemen dan Kepemimpinan Pondok Pesantren. Jakarta : Prenada Mulia.
Latifah, Z. K., & Rahmayanti, V. A. (2017). Manajemen Kewirausahaan Pesantren Dalam Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur. Tadbir Muwahhid, 1(1), 42. https://doi.org/10.30997/jtm.v1i1.839
Maknuni, J. (2021). Strategi Sekolah Dasar Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 2(02), 9–16. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.392
Mardyanto, E. (2016). Manajemen Kewirausahaan Pondok Pesantren Berbasis Agrobisnis (Studi Kasus Di PP Mukmin Mandiri Dan PP Nurul Karomah). Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 9(2). https://doi.org/10.37812/fikroh.v9i2.28
Miles, B. M., & Huberman, A. M. (1984). Qualitative Data Analysis. London : Sage Publications.
Mulyasa. (2012). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.
Mulyo Kepala Sekolah, S. (2024, Agustus 14). Rg. Kepala Sekolah di SMA Madina Citra Insani, Perencanaan kewirausahaan yang ada di gagas di sekolah [Komunikasi pribadi].
Munawar, A., & Alijoyo, F. A. (2024). Manajemen Pengelolaan Unit Usaha Pesantren Berbasis Ekoproteksi (Studi kasus di Pondok Pesantren Riyadlul Ulum Wadda’wah Kota Tasikmalaya). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT), 5(3). https://doi.org/10.38035/jimt.v5i3
Nahrodi, P. (2018). Manajemen “Kewirausahaan” Pesantren. Al-Aqidah (Jurnal Studi Islam), 1(1).
Pamessangi, A. A. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palopo. AL IBRAH: Journal of Arabic Language Education, 2(1), 11–24. https://doi.org/10.24256/jale.v2i1.1206
Prasetyo, M. (2017). Manajemen Unit Usaha Pesantren. Hikmah : Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 18–36.
Rotib, F., & Supratno, H. (2022). Manajemen Pendidikan Kewirausahaan Pesantren Berbasis Syari’ah Studi kasus di PP. Fathul Ulum Jombang. 8(1).
Saleh, M., Budiono, I. N., & Islam, N. (2019). Manajemen Kewirausahaan Koperasi Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa. Balanca : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(1), 56–70. https://doi.org/10.35905/balanca.v1i1.1039
Setiawan, H. C. B. (2019). Kontribusi Praktik Kewirausahaan di Pondok Pesantren Entrepreneur Mukmin Mandiri Waru, Sidoarjo. JRE : Jurnal Riset Entrepreneurship, 2(2), 8–18.
Subaidi, S. (2017). Konsep Pendidikan Islam dengan Paradigma Humanis. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 26–49. https://doi.org/10.21580/nw.2016.10.1.900
Subhan, F. (2013). Konsep Pendidikan Islam Masa Kini. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 354–373.
Sugiyono. (2013). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung : Alfabeta.
Suprihanto, J. (2014). Manajemen. Gadjah Mada University Press.
Syaban, M. (2019). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan Islam. Al-Wardah, 12(2), 131. https://doi.org/10.46339/al-wardah.v12i2.141
Tutik. (2024a, Agustus 14). Rg. Bendahara SMA Madina Citra Insani, Perencanaan Kewirausahaan Kantin Sholehah [Komunikasi pribadi].
Tutik. (2024b, Agustus 14). Rg. Brndahara MCI, Organizing Kewirausahaan Kantin Berseri [Komunikasi pribadi].
Utami, N., Aditia, M. Y., & Asiyah, B. N. (2023). Penerapan Manajemen POAC (Planning, Organizing, Actuating, and Controlling) Pada Usaha Dawet Semar di Kabupaten Blitar. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen dan Bisnis (JEKOMBIS), 2(2), 36–48.
Wahyudin, A., & Zohriah, A. (2023). Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan. 06(01).
Wahyuningsih, R. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 5 Jombang. JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis, dan Manajemen), 1(1), 19–29.
Widiarti, Wakasek Osis, S. I. (2024, Agustus 23). Rg. Kepala Sekolah SMA Madina Citra Insani, Perencanaan Kewirausahaan Wakasek Kesiswaan [Komunikasi pribadi].
Yaqutunnafis, L., & Nurmiati, N. (2021). Manajemen Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Pendidikan Kewirausahaan Siswa. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(2), 143. https://doi.org/10.32502/jimn.v10i2.2884
Yasyakur, M. (2014). Konsep Ilmu (Keislaman) Al-Ghazali Dalam Perkembangan Pendidikan Islam Masa Kini. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Masa Kini, 3, 611–634.
Published
2024-08-31
How to Cite
Intitsal, A. F., & Khojir, K. (2024). Perencanaan Manajemen Kewirausahaan Pesantren: Studi Kasus pada SMA Madina Citra Insani Boarding School Kota Samarinda. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 9(2), 97-111. https://doi.org/10.21462/educasia.v9i2.264