Hubungan antara kemampuan kosakata dan kemampuan berbicara Bahasa Arab pada siswa SMK Muhammadiyah Loa Janan

  • Khairy Abusyairy IAIN Samarinda
  • Muh. Yamin IAIN Samarinda
  • Nita Ayu Lestari IAIN Samarinda
Keywords: Hubungan, Keterampilan Berbicara Bahasa Arab, Penguasaan Kosakata

Abstract

Kosa kata merupakan unsur dari bahasa Arab yang memiliki peranan penting dan sangat mempengaruhi kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan. Kualitas keterampilan berbahasa seseorang jelas bergantung pada kuantitas dan kualitas kosakata yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan mufrodat bahasa Arab siswa dengan keterampilan berbicara bahasa Arab pada kegiatan muhadatsah Siswa kelas XII SMK Muhammadiyah Loa Janan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach), yang menggunakan analisis kuantitatif dengan rumus korelasi product momen dari Pearson untuk menjawab permasalahan yang ada di dalam penelitian ini. Dengan respondennya adalah siswa kelas XII SMK Muhammadiyah Loa Janan yang berjumlah 70 orang. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa adanya hubungan korelasi dalam kategori “sangat kuat” antara penguasaan kosakata bahasa Arab dengan keterampilan berbicara bahasa Arab, dibuktikan dengan analisis uji hipotesis dengan rumus korelasi product momen, yang diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai pearson correlation sebesar 0,926 termasuk dalam kategori korelasi sangat kuat. Dan nilai rata-rata penguasaan kosakata bahasa Arab santri sebesar = 81 dan nilai rata-rata keterampilan berbicara bahasa Arab santri sebesar = 80 yang berarti penguasaan kosakata bahasa Arab dan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas XII SMK Muhammadiyah Loa Janan dalam kategori Baik

References

Boudelaa, Sami, and William D. Marslen-Wilson. “Morphological Structure in the Arabic Mental Lexicon: Parallels between Standard and Dialectal Arabic.” Language and Cognitive Processes 28 (2013): 1453–73. https://doi.org/10.1080/01690965.2012.719629.
Fattah, Mustamin, and Sayuri Sayuri. “Penguatan Program Pengabdian Masyarakat Melalui Kegiatan KKL Posdaya Masjid.” FENOMENA, June 1, 2019, 47–68. https://doi.org/10.21093/fj.v11i1.1380.
Habibie, Faizal, Moh Ainin, Muassomah, Alfa Naja Imamuna, and Nur Fuady Rahman. “Diskoneksi Antara Kurikulum Bahasa Arab Dan Implementasi Pembelajarannya Di Madrasah Aliyah Dalam Perspektif ACTFL.” Studi Arab 13, no. 1 (June 30, 2022): 49–65. https://doi.org/10.35891/sa.v13i1.3125.
Hamdi, Asep Saepul, and E. Bahruddin. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Deepublish, 2015.
Hamid, M. Abdul. Mengukur Kemampuan Bahasa Arab: Untuk Studi Islam. Malang: UIN-Maliki Press, 2013. http://repository.uin-malang.ac.id/1264/.
M.Si, Dr E. Caroline, SE. METODE KUANTITATIF. Media Sahabat Cendekia, 2019.
Pimada, Luluk Humairo, Imam Muttaqin, and Wildana Wargadinata. “Ta’līm al-lughah al-‘Arabiyyah min Khilâl Qudroh al-Qirâah al-Qurân wa Kitâbatih Ladayy at-Tholabah bi Madrasah al-Mutawassithah fī Kalimantan as-Syarqiyy.” Taqdir: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 5, no. 2 (December 30, 2019): 1–17.
Rahman, Nur Fuadi. “Motivasi Belajar Bahasa Arab (Studi Kasus Mahasiswa PBA IAIN Palangkaraya 2017/2018).” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 10, no. 1 (June 7, 2018): 22–35. https://doi.org/10.24042/albayan.v10i01.2593.
Wekke, Ismail. “Arabic Teaching and Learning: A Model from Indonesian Muslim Minority.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 191 (June 2, 2015). https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.236.
Wijaya, Ida Suryani, and Luluk Humairo Pimada. “Ta’lim al-Imla’ Bi Al-Wasit al-Muta’addidah Li Tarqiyyah Maharah al-Kitabah Fi al-Lughah al-‘Arabiyyah.” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 11, no. 2 (December 9, 2019): 320–39. https://doi.org/10.24042/albayan.v11i2.5266.
Ahmadi, Abu. 1993. Cara Belajar Mandiri dan Sukses. Solo: CV. Aneka.
Al Wasih, Cheder. 1993. Pengantar Sosiologi Bahasa, Bandung: Angkasa.
Allukmana, Restianah. 2015. Keefektifan Media Permainan Monopoli Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas Viii Mts Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Dalam skripsi Universitas Negeri Semarang.
Ardiansyah, Ilham. 2015. Korelasi Penguasaan Mufrodat Dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas IV MI Ma’rif Singosaren Ponorogo Tahun Pelajaran 2014/2015. Dalam skripsi STAIN Ponorogo.
Arikunto, Suharsimi. 1999. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Rinek Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitiaan Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Asrori, Imam. 2014. Strategi Belajar Bahasa Arab: Teori & Praktek, Malang: MISYKAT.
Badadu dan Zain. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Effendy, Ahmad Fuad. 2009. Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Fajriah, Zahratun. 2015. Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Mufradat) Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar (Penelitian Tindakan Pada Siswa kelas I MI Nurul Hakim Kediri Lombok Barat Tahun 2015, Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol. 9 Edisi 1
Fitriliza, Ari Khairurrijal Fahmi. 2017. Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Metode Contoh Morfologi, Journal UHAMKA, Vol. 8 No. 02.
Hady, Yazid. 2019. Pembelajaran Maharat al-Kalam Menurut Rusdy Ahmad Thu’aimah dan Mahmud Kamil al-Naqah”, dalam jurnal Pendidikan Bahasa Arab. Vol. 5, No. 1.
Hakim, Thursan. 2000. Belajar Secara Efisien. Jakarta: Puspa Suara.
Hamid, Abdul. 2010. Mengukur Kemampuan Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press.
Hamid, Abdul. 2013 Mengukur Kemampuan Bahasa Arab Untuk Studi Islam, Malang: UIN Maliki Press.
Hanani, Nurul. 2020. Pembelajaran Bahasa Arab Kontemporer. Bandung: Cendekia Press.
Hartono. 2019. Metodologi Penelitian. Pekanbaru: Zanafa Publishing.
Hasani, Zhul Fahmi. 2013. dalam skripsi yang berjudul Penerapan Metode Imla’ untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas VII C di MTs Muhammadiyah 02 Pemalang. Dalam Skripsi Universitas Negeri semarang.
Hidayat, Nandang Sarip. 2012. Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Dalam jurnal Pemikiran Islam An-Nida: Vol. 37 No. 1
https://p4tkbahasa.kemdikbud.go.id/2020/06/16/keterampilan-berbicara-bahasa arab-maharah-al-kalam.
Kuncoro, Adhityo. 2017. Korelasi Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Berbicara Siswa dalam Bahasa Inggris, Jurnal SAP, Vol. 1 No. 3.
Lin, Nur Inayah. 2019. Korelasi Penguasaan Mufradat Dengan Motivasi Kegiatan Muhadoroh Siswa Kelas Vii Mts Darunnajat Bumiayu Brebes. Dalam skripsi IAIN Purwokerto.
MacTurck, 1995. Mastery Motivation Conceptualizations and Aplication. New Jerset: Ablex Publishing Corporation.
Makruf, Imam. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif. Jakarta: Needs Press.
Marimba, Ahmad. 1956. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al Ma’arif.
Muna, Wa. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Teras.
Mustafid, Fuad. 2011. Pengantar Redaksi Dalam Eckehard Schulz, Bahasa Arab Baku dan Modern, Al Lughah Al ‘Arabiyyah Al Mu’ashira. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.
Mustofa, Syaiful. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. UIN Maliki Press Malang.
Prahesti, Laela. 2019. Korelasi Antara Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Dengan kemampuan Berbicara Bahasa Arab Mahasiswa PBA IAIN Pekalongan. Dalam skripsi IAIN Pekalongan.
Pramesti, Utami Dewi. 2015. Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Dalam Keterampilan Membaca Melalui Teka-Teki Silang, Jurnal Puitika, Vol. 11 No. 1.
Rosyidi, Abd. Wahab. 2011. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press.
Sari, Erna. 2018. Hubungan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas VIII MTS Sri Menanti Tanjung Raja Lampung Utara Tahun Ajaran 2017/2018. Dalam skripsi IAIN Metro.
Setiyadi, Bambang. 2006. Metode Penelitian Untuk Pengajaran Bahasa Asing Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sofiah, Siti. 2013. Studi Korelasi Antara Penguasaan Mufradat Dengan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Tahaffudzul Qur’an Purwoyoso Ngaliyan Semarang. Dalam Skripsi IAIN Walisongo.
Sugiyono. 2010. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta
Surya, Hendra. 2003. Kiat Mengatasi Kesulitan Belajar. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.
Suryabrata, Sumadi. 2008. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo
Tarigan, Djago. 1986. Teknik Pengajaran Ketrampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa,
Tarigan, Henry Guntur. 1997. Pengembangan Keterampilan Berbicara. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Tarigan, Henry Guntur. 2015. Pengajaran Kosakata, Bandung: Angkasa.
Tarigan. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan. Guntur. 2015. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.
Tim Penyusun, “Kamus Besar Bahasa Indonesia”, dalam http://kbbi.web.id/kreativitas.
Wiyanti, Endang. 2014. Peran Minat Membaca dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia, DEIKSIS, Vol. 06 No. 02
Zuhdy, Halimi. 2017. Teknik Pengajaran Kosa Kata Bahasa Arab, Malang: Repository UIN Malang.
أزوير. 2015 . "ضرورة التنظيم لتعليم مهارة الكلام". في مجلة LISANUN المجلد 3 رقم 1 .
إيندانغ منور ومحمد شيف الدين, "أسلوب التدريب المتواصل في تعليم الحوار وأثره في ترقية مهارة الكلام", في مجلة ALSUNA 2018 ص 99 .
طعيمة, 1986 , "المرجع في تعليم اللغة العربية للناطقين بلغات أخرى". مكة المكرمة: جامعة أم القرى.
فوزان, عبد الرحمن. 2011 . "إعداد للمعلم اللغة العربية لغير ناطقين بها", رياض: مكتبة الملك.
فايزة، ستي نور. 2017. العلاقة بين إتقان المفردات العربية مع مهارة التحدث في المواد العربية طلاب الصف الثامن في مدرسة بوستانول أولوم بانتاركاونج المتوسطة في أطروحة معهد الدين الإسلامي بوروكيرتو الدولة
Published
2020-12-31
How to Cite
Abusyairy, K., Yamin , M., & Lestari, N. A. (2020). Hubungan antara kemampuan kosakata dan kemampuan berbicara Bahasa Arab pada siswa SMK Muhammadiyah Loa Janan. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 5(3), 131-144. https://doi.org/10.21462/educasia.v5i2.107