Korelasi Disiplin Sholat Lima Waktu dengan Kedisiplinan Mahasiswa Program Studi Kedokteran Program Sarjana Universitas Lambung Mangkurat

  • Rifka Aulia Rahmah Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
  • Andi Clarizza Dhea Nafadhika Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
  • Putri Yasmin Raodhatul Isra Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
  • Gt Muhammad Irhamna Husin Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
Keywords: Discipline, Five Times Prayer, Correlation

Abstract

This article aims to describe the correlation between prayer time discipline and the discipline of students in the Medical Study Program at Lambung Mangkurat University in 2022. The research method used is quantitative correlational analysis. In analyzing the correlation between the independent variable of five-time prayer discipline and the dependent variable of student discipline in the Medical Study Program at ULM in 2022, the researcher used partial correlation analysis and obtained a result of 0.13, indicating a strong relationship between the two variables. Based on the normality test using the Kolmogorov-Smirnov test, if the value is above 0.05, the data distribution is considered to meet normality. Therefore, it can be stated that H0 is rejected because H0: ρy1 = 0, and H1 is accepted because H1: ρy1 > 0. This means that there is a significant correlation between the discipline of performing the five-time prayer and the discipline of students in the Medical Study Program at ULM in 2022. Thus, it can be concluded that there is a significant correlation between the discipline of performing the five-time prayer and the discipline of students in the Medical Study Program at ULM in 2022.

References

Achadah, A., & Rohmah, F. F. (2022). Implementasi Kegiatan Sholat Tahajud Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Putri Babussalam Banjarejo Pagelaran Malang. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(2), Article 2. https://doi.org/10.35931/aq.v16i2.923

Al-Mahfani, M. K., & Hamdi, A. (2016). Kitab Lengkap Panduan Shalat. WahyuQolbu.

Amelia, M., Arief, Y., & Hidayat, A. (2019). Hubungan Antara Kedisiplinan Melaksanakan Shalat Wajib Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau. AN-NAFS, 13(01), Article 01.

Aqilla, R. A. (2022). Strategi Guru PAI dalam Menanamkan Kebiasaan Sholat Berjamaah untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMP Islam Al Akbar Singosari. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6071

Ashar, A., Fatoni, I., & Hartoyo, H. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Sholat Berjamaah. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 5(3), Article 3. https://doi.org/10.31538/almada.v5i3.2646

Bali, M. M. (2013). Peran Dosen dalam Mengembangkan Karakter Mahasiswa. Humaniora, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3508

Elom, S. N. S., & Adi, P. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Kedisiplinan Anak. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Pendidikan, 3, 220–227.

Hawwa, S. (2017). Al-Islam. Gema Insani.

Masrikha, E. (2019). Hubungan Keaktifan Sholat Berjamaah Dengan Kedisiplinan Belajar Siswa Ma Al-Musthofa Jetis Mojokerto [Bachelor, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO]. http://repository.unim.ac.id/71/

Mistiningsih, C., & Fahyuni, E. F. (2020). Manajemen Islamic Culture Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa. https://www.ejournal.stitpn.ac.id/index.php/manazhim/article/view/856

Mulyani, E. S., & Hunainah, H. (2021). Pembiasaan Shalat Dhuha untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa: Penelitian di SD Negeri Kadingding, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang. QATHRUNÂ, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.32678/qathruna.v8i1.4782

Munib, A. (2019). Efektifitas Puasa dalam Meningkatkan Disiplin Beribadah Bagi Masyarakat Desa Karduluk Sumenep. Al-Ulum Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ke Islaman, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.31102/alulum.6.1.2019.19-29

Nurlan, F. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif. CV. Pilar Nusantara.

Pradina, Q., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1294

Rofiqoh, A. (2020). Shalat dan Kesehatan Jasmani. Spiritualita, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.30762/spr.v4i1.2324

Rofiqoh, A. R. A., Dillah, H., & Rindiyanto, R. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1), Article 1. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/14901

Santosa, A. D., Yusoh, S., Subandono, A., Mubarok, A. A. S. A. A., & Surur, A. M. (2022). Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa MTs Al-Amien Kota Kediri melalui Pembiasaan Sholat Dhuha. Edudeena : Journal of Islamic Religious Education, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.30762/ed.v6i2.445

Saputra, D. D. (2017). Hubungan Antara Kedisiplinan Melaksanakan Shalat Subuh Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/27666

Sipayung, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sd Kelas V Di Sd Negeri Muara Bolak 4 Kec. Sosorgadong. JURNAL ILMIAH MAKSITEK, 3(4), Article 4. https://makarioz.sciencemakarioz.org/index.php/JIM/article/view/34

Sulfemi, W. B. (2018). Pengaruh Disiplin Ibadah Sholat, Lingkungan Sekolah, dan Intelegensi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(2), Article 2. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i2.474

Suriansyah, A., & Aslamiah. (2015). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua, Dan Masyarakat Dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4828

Syafril, M., Prihantini, T., & Hirman, H. (2019). Tuntunan shalat lengkap + terjemah perkata bacaan shalat: Edisi eksklusif (Pertama). QultumMedia.

Telussa, A. M., Persulessy, E. R., & Leleury, Z. A. (2013). Penerapan Analisis Korelasi Parsial Untuk Menentukan Hubungan Pelaksanaan Fungsi Manajemen Kepegawaian Dengan Efektivitas Kerja Pegawai. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.30598/barekengvol7iss1pp15-18

Trianto, A. P. S. (2022). Upaya Guru Meningkatkan Kedisiplinan Siswa dalam Pembiasaan Sholat Fardhu di MTs Mu’allimin NU Kota Malang. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4580

Utami, A. F. (2020). Pengaruh kecerdasan emosional dan disiplin belajar terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran PAI siswa kelas IX SMP Negeri 1 Ulujami Pemalang [Undergraduate_thesis, IAIN Pekalongan]. http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Wibowo, T. A. (2022). Pembiasaan Shalat Dhuha Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(3), Article 3.

Published
2023-07-08
How to Cite
Aulia Rahmah, R., Clarizza Dhea Nafadhika, A., Yasmin Raodhatul Isra, P., & Muhammad Irhamna Husin, G. (2023). Korelasi Disiplin Sholat Lima Waktu dengan Kedisiplinan Mahasiswa Program Studi Kedokteran Program Sarjana Universitas Lambung Mangkurat. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 8(2), 85-97. https://doi.org/10.21462/educasia.v8i2.139